Teknik Pengelasan

 

TEKNIK PENGELASAN

SMK NEGERI 1 PURWOJATI

BIDANG KEAHLIAN MENJANJIKAN

 

 

Ketua Jurusan Teknik Pengelasan

NURKHOLIS, S.Pd

 

A. Akreditasi

     Akreditasi Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Purwojati dengan peringkat "A" sesuai Sertifitat BAP-S/M Tahun 2017 dengan nomor 165/BAPSM/XI/2017.   

 

B. Sekilas Jurusan

Kenapa teknik pengelasan dikatakan bidang keahlian yang menjanjikan dan perlu pertimbangan ketika ingin sekolah di SMK, misalnya adalah teknik pengelasan di SMK Negeri 1 Purwojati, salah satu SMK di Jawa Tengah yang terdapat bidang keahlian tersebut? Mari kita lihat sisi dari peluang industry dan kemampuan untuk mandiri ketika telah lulus nantinya.

Peluang bidang keahlian Teknik Pengelasan sangat besar dan luas, yaitu dimana ada pekerjaan yang menggunakan besi atau baja, disana pasti ada teknik pengelasan dan tentunya memerlukan tenaga terampil dalam pengelasan. Bilamana melihat besar kecilnya industry, bisa dikatakan bidang keahlian teknik pengelasan sangat dibutuhkan oleh berbagai industry besar dan kecil, misalnya adalah dalam fabrikasi kapal laut, kontruki baja dan lain sebagainya.

Teknik pengelasan bukan hanya sekedar pada pekerjaan pengelasan pada bahan besi atau baja, hampir seluruh logam dalam proses produksinya harus dilakukan proses pengelasan. Seperti contoh adalah rim sepeda motor yang kelihatan halus mulus dan terbalut chroom sebenarnya adalah terbuat dari steel palt bended yang kemudian dilakukan penyambungan dan kemudian seperti terlihat pada sepeda motor dengan kilau chroom atau warna warni cat.

Bidang keahlian pengelasan memang tidak tertumpu pada besi dan baja, karena seperti disebut di atas bidang pengelasan sangat luas bila melihat bahan yang diproduksi. Jangan heran bila kerangka sepeda yang dibuat dari alumunium itu tidak melalui pengelasan. Jadi jangan risau dan kemudian beranggapan bahwa bidang pengelasan adalah suatu bidang remeh dan murah. Pada kenyataanya mereka yang mengantongi grade sebagai teknisi pengelasan adalah tenaga yang luar biasa malah, apalagi grade yang dimilikinya itu pada standar kerja pengelasan pada industry perminyakan.

 

Teknik pengelasan SMK Negeri 1 Purwojati Kabupaten Banyumas Jawa Tengah adalah tempat yang sangat tepat untuk dipilih oleh siswa yang nantinya ingin terampil dalam pekerjaan pengelasan. Perlu diingat, teknik pengelasan bukan berarti “tukang las”. Sebaliknya tukang las belum tentu memiliki pendidikan formal seperti yang diajarkan oleh SMK Negeri 1 Purwojati. Jadi ada perbedaan sangat jelas bagi mereka yang memiliki pendidikan formal dalam bidang teknik pengelasan dengan tukang las. Namum apapun sebutanya, bilamana disebut “tukang las” setelah lulus dari bidang keahlian teknik pengelasan SMK Negeri 1 Purwojati tentunya adalan seorang “tukang las” intelek dengan nilai bayaran tinggi.

Jadi jangan pernah ragu dan berbangga hatilah bila ternyata menjadi siswa SMK dengan bidang keahlian teknik pengelasan, seperti hanya dengan teknik pengelasan SMK Negeri 1 Purwojati. Kesempatan besar untuk sukses terbuka lebar bagi meraka yang terampil dalam bidang pengelasan, sama luasnya ketika mereka para lulusan teknik pengelasan akan meneruskan pendidikan lebih tinggi untuk mencapai grade tertinggi dalam dunia pengelasan yang pastinya berstandar internasional. Semoga bermanfaat dan memberi semangat bagi siswa-siswa yang saai ini dan akan menekuni bidang keahlian teknik pengelasan, khususnya di teknik pengelasan SMK Negeri 1 Purwojati.

 

*************** JAYA BUKIT BERBUNGA ***************